41

Penelitian tentang keberadaan Alien dan Ufo di Bumi

Penelitian tentang keberadaan Alien dan Ufo di Bumi Diulas oleh Pembacasekitar . Artikel tentang Penelitian tentang keberadaan Alien dan Ufo di Bumi Dalam mempelajari masalah UFO, saya sebenarnya lebih suka menekankan pada unsur "Siapa di balik UFO itu" bukan "Apa UFO itu". Tentu kalau menjawab apakah UFO Penilaian: 4

Dalam mempelajari masalah UFO, saya sebenarnya lebih suka menekankan pada unsur “Siapa di balik UFO itu” bukan “Apa UFO itu”. Tentu kalau menjawab apakah UFO itu, bisa dijawab dengan lebih mudah, yaitu merupakan suatu obyek terbang yang tak dikenal (bila ada obyek tak dikenal di laut dinamakan USO).

Berbicara masalah “Siapa di balik UFO” tentunya kita akan membicarakan apa yang dinamakan “alien”. Alien jelas merupakan makhluk asing dan non human. Banyak pertanyaan yang diajukan tentang masalah alien (UFO) ini, misalnya:

1. Dari manakah datangnya mereka?
2. Ada alien jenis apa saja?
3. Apakah mereka itu baik atau buruk?
4. Mengapa mereka sering menculik manusia?
5. Apa tujuan mereka terhadap manusia?
6. Adakah kaitan alien dengan sejarah manusia?
7. Bagaimana para nabi menubuatkan masalah alien ini?
8. Adakah hubungan alien (UFO) dengan nubuat tentang akhir jaman?

Membahas soal UFO atau alien ini tidak mudah. Mengapa sulit? Karena obyek/subyek yang diteliti tidaklah ada di depan kita dan kita tidak bisa memintanya datang sesuka kita. Laporan-laporan penampakan UFO atau perjumpaan manusia dengan alien, juga masih sering diragukan. Bahkan peristiwa jatuhnya UFO di Roswell tahun 1947 di mana ada 4 alien (2 mati, 1 lari kemudian ditembak oleh seorang tentara yang tegang, dan satu lagi sekarat dan akhirnya mati di rumah sakit) yang di autopsi oleh pihak militer (AU) AS. Namun semuanya itu ditutupi dan dianggap tidak ada. Laporan resmi dari pihak pemerintah hanyalah sebuah balon percobaan AS yang bernama Skyhook. Tapi masyarakat umum tidak mudah begitu saja percaya dan kemudian lahirlah teori “Alien conspiracy”.

Indonesia termasuk cukup sering dilewati UFO, banyak laporan yang terdata dan ada juga kasus orang Indonesia yang diculik UFO. Namun tentu saja kembali ke pertanyaan, apakah itu semua bisa dipercaya? Laporan memang bisa dikarang, foto memang bisa direkayasa, bukti apapun bisa dibuat. Bagi orang yang percaya, sedikit bukti sudah cukup. Bagi orang yang skeptik, dia butuh bukti yang benar-benar ilmiah dan dapat dipertanggung jawabkan. Bagi orang yang fanatik anti, bukti sebagai manapun banyaknya tak akan mengubah sikapnya.

Dari kesulitan yang ada, nampaknya mempelajari UFO banyak kendalanya. Tak ada satupun buku yang bisa dianggap ilmiah dan telah diuji kebenarannya. Di sisi lain, belum ada satu pihak pemimpin agama yang menyatakan pendapatnya tentang UFO/alien. Walau tahun 1979 pihak PBB pernah membahas secara serius masalah UFO, namun hal itu tidak mempunyai kelanjutan yang serius. Dunia lebih sibuk dengan peperangan, masalah politik, penyakit dan krisis ekonomi,
ketimbang mempelajari tamu yang datang ke dunia kita ini…

Dengan kendala sumber-sumber data untuk mempelajari UFO/alien ini, maka dalam mempelajari keberadaan UFO di masa lalu, peneliti UFO menggunakan referensi dari kitab-kitab kuno, prasasti, hieroglyph, termasuk juga kitab-kitab suci. Salah satu peneliti yang terkenal adalah Erich von Däniken. Teori Däniken adalah nenek moyang kita dulunya pernah didatangi oleh makhluk cerdas dari luar angkasa yang dianggap dewa oleh manusia.

Masalahnya, menggunakan data-data yang bersumber dari kitab-kitab kuno, mitologi dan juga kitab suci, tidak akan bisa diterima oleh kalangan yang spektis. Namun, saya ingin mengajukan berbagai data yang telah saya kumpulkan, baik berupa cerita dari pengalaman seseorang yang
melihat UFO atau alien, maupun dari berbagai informasi lain, termasuk kitab-kitab suci.

Saya akan coba jawab satu per satu pertanyaan tentang alien.

Dari manakah datangnya mereka?

Di sini saya selalu menuliskan makhluk UFO sebagai “alien” bukan “ET atau ETI”. Mengapa? Karena ET merupakan kependekan dari Extra Terrestrial Inteligence, yaitu makhluk cerdas dari luar bumi. Dengan memakai istilah alien”, saya tidak menutup kemungkinan bahwa mereka datang dari bumi atau dimensi lain.

Beberapa kemungkinan jawaban atas pertanyaan di atas adalah:

a. Dari luar angkasa
b. Dari masa depan
c. Dari bumi
d. Dari dimensi lain

a. Mungkinkah mereka dari luar angkasa?

Perkiraan bahwa alien berasal dari luar angkasa sangat mungkin sekali, tapi ada beberapa keanehan atau kejanggalan bila mereka memang berasal dari luar angkasa. Keanehan itu adalah:

1. Radar kita tidak pernah mendeteksi adanya spaceship yang memasuki atmosfir bumi.

2. Bintang terdekat dengan tata surya kita adalah Alpha Centauri, yang berjarak 4.3 tahun cahaya. Ini berarti apa yang kita lihat hari ini adalah apa yang terjadi 4.3 tahun yang lalu. Terbang dengan kecepatan cahaya masih merupakan fiksi ilmiah. Untuk suatu perjalanan yang cukup cepat bagi UFO akan membutuhkan waktu ribuan tahun untuk mencapai bumi.

3. Yang aneh adalah, meski ada ribuan saksi yang menyatakan pernah melihat UFO setiap tahun, namun tidak ada gambaran UFO yang persis sama. Tentunya sangat sulit untuk dibayangkan bila mereka dari luar angkasa dengan membawa sedemikian banyaknya jenis pesawat yang berbeda-beda dan berjalan zig-zag di angkasa setiap hari.

4. Fenomena UFO dalam terbang sering tidak mengikuti hukum gravitasi dan aerodinamika, bukankah kalau mereka benar-benar dari angkasa luar, hukum-hukum fisika itu tetap berlaku buat mereka?

5. Tidak ada BUKTI nyata bahwa mereka berasal dari planet tertentu.

6. Beberapa orang yang berhubungan (kontak) dengan alien, sering kali mendapat pelajaran tentang spiritualitas, filosofi, peringatan tentang bahaya nuklir, dll. Apakah alien yang datang dari jarak yang jauh itu datang ke bumi hanya untuk mengajari manusia filsafat?

Memang ada juga yang tetap yakin bahwa mereka datang dari luar angkasa dengan teknologi yang sedemikian majunya yang belum terbayangkan oleh pikiran manusia.

b. Mungkinkah mereka dari masa depan?

Apakah UFO semacam mesin waktu dari masa depan? Orang yang percaya bahwa
mesin waktu bisa (mungkin) dibuat akan bisa menerima kemungkinan akan teori
ini. Tapi saya mengabaikan teori ini karena pertimbangan:

1. Beberapa laporan yang pernah melihat alien menyatakan bahwa kebanyakan bentuk mereka bukan manusia (human) dan terkadang aneh atau mengerikan.

2. Interfensi makhluk dari masa depan bisa menimbulkan teori “paralel universe”. Kalau mereka benar dari masa depan, maka saat ini tentunya mereka belum ada. Namun kalau mereka datang dari masa depan dan muncul saat ini, berarti itu merupakan suatu hal yang “unik” dan “menakjubkan”.

3. Kalau mereka memang dari masa depan, untuk apa mereka melakukan penculikan terhadap manusia (alien abduction)?

c. Mungkinkah mereka dari bumi?

Jika kemungkinan mereka dari bumi, tentunya harus dipertanyakan juga, yaitu:

1. Apakah buatan manusia?
2. Apakah buatan non human yang jenis spesiesnya belum kita ketahui sampai saat ini?

Kemungkinan bahwa UFO itu buatan manusia meragukan bila melihat fakta:

* Adanya fenomena penculikan manusia oleh UFO.
* UFO sudah pernah terlihat, jauh sebelum manusia mampu membuat pesawat terbang.
* Pesawat UFO sering diluar hukum-hukum gravitasi dan aerodinamika.

Kemungkinan buatan non human yang berasal dari bumi, meragukan bila melihat fakta:

* Pesawat UFO sering diluar hukum-hukum gravitasi dan aerodinamika.
* Di manakah mereka berada? (Ini memang bisa dijawab: di dasar laut, di daerah kutub yang tidak dihuni manusia, di dalam/rongga-rongga bumi)
* Mengapa ada masa kosong, di mana dulu pada jaman purbakala dikatakan alien sering hilir mudik di antara manusia, dan baru kini mulai aktif lagi?

d. Mungkinkah mereka dari dimensi lain?

Tentunya bila ketiga kemungkinan di atas diabaikan karena adanya sanggahan atau pemikiran yang meragukan, maka pilihan terakhir adalah yang keempat, yaitu: Mungkinkah mereka dari dimensi lain?

Teori tentang alien dari dimensi lain cukup banyak dianut oleh kalangan ufologi (tidak semua). Beberapa data yang mendukung adalah:

* Menjelaskan fenomena UFO muncul dan menghilang secara tiba-tiba.
* Tidak mengikuti hukum-hukum fisika dalam dimensi manusia.
* Adanya kontak secara telepati atau melalui mimpi dengan beberapa orang yang merasa menjalin komunikasi (kontak) dengan alien.
* Sering terjadi kasus alien abduction pada waktu korban tidur.
* Mereka tidak bisa berinteraksi secara bebas dengan manusia karena berbeda dimensi. Untuk berinteraksi di dimensi manusia, mereka membutuhkan wadah (containers) manusia. Ini menjelaskan teori alien abduction dan pembuatan hybrid, di mana terjadi juga proses “soul abduction”.

Bila mereka datang dari dimensi lain, siapakah mereka? Suatu fakta bahwa di Indonesia yang cukup mengenal fenomena jin ini, ternyata memiliki suatu persamaan sifat, yaitu jin suka melakukan penculikan (baik orang dewasa maupun anak-anak), di mana korban sering berada di suatu tempat yang dia tidak mau kembali (karena enak), namun sebagian juga berhasil lari atau berhasil dikeluarkan/dikembalikan oleh bantuan orang lain.

Apakah jin mempunyai teknologi? Dapatkan keberadaan makhluk cerdas dari dimensi lain yang dinamakan jin ini diterima dengan akal manusia modern? Dan apakah memang fenomena jin ini adalah fenomena UFO yang muncul belakangan ini setelah sekian lama vakum?

Bicara soal jin, mungkin tidak akan lepas dari suatu kemungkinan bahwa ada jin yang baik dan jin yang jahat. Pendapat banyak orang adalah, jin yang baik tidak ingin mencampuri urusan manusia, namun jin yang jahat (setan dengan pemimpinnya Iblis/Lucifer), suka mencampuri urusan manusia dan berusaha menyesatkan manusia. Mungkin ini menjelaskan:

* Mengapa alien tidak begitu saja menyerang manusia (tembak dan hancurkan) karena tujuan mereka bukan membunuh namun menyesatkan?

Dapatkah dipercaya ada dimensi lain?

Mempercayai alien berasal dari planet lain adalah jauh lebih mudah daripada meyakini bahwa mereka berasal dari dimensi lain. Namun keberadaan dimensi lain nampaknya tidak mudah diabaikan begitu saja. Banyak penulis cerita fiksi, baik dari jaman dulu maupun kini, menggunakan tema kehidupan di dimensi lain ini, misalnya:

* Odyssey (Kisah Perjalanan Ullyses)
* Sinbad, si pelaut
* Christmas Carol
* Alice in the Wonderland
* Legenda Nyai Loro Kidul

Namun tentu saja, semua itu masih dapat dianggap sebagai suatu cerita. Sejauh ini, beberapa eksperimen ilmiah yang menyangkut masalah dimensi lain adalah:

* Philadelphia experiment, yaitu percobaan tentang ruang dan waktu.
* Penelitian terhadap beberapa peristiwa paranormal, seperti NDE (Near Death Experience), OBE (Out of Body Experience) atau Astral Travelling, ESP (Extra Sensory Perception), mimpi, dll.

Fenomena-fenomena yang menyangkut dimensi lain adalah:

* Keyakinan bahwa manusia mempunyai roh
* Keyakinan bahwa spirit manusia tetap hidup walau badannya mati
* Keyakinan adanya inkarnasi dan reinkarnasi
* Manusia mempunyai “indera keenam”
* Munculnya makhluk halus, hantu, jin, dll
* Misteri Segitiga Bermuda.

Penjelasan yang mungkin mendekati ilmiah tentang dimensi lain adalah keberadaan mereka (alien) adalah pada spektrum yang tidak mampu ditangkap oleh indera manusia, misalnya, kemampuan pengelihatan manusia terbatas dan tidak mampu melihat cahaya infra merah dan ultra violet. Demikian pula manusia tidak mampu mendengar suara infrasonic dan ultra sonic. Namun beberapa binatang mempunyai kemampuan spektrum indera yang lebih luas/berbeda dengan manusia, misalnya kelelawar mampu mendengar gelombang ultrasonic, beberapa binatang mampu mengindera kehadiran “makhluk halus”, ada binatang yang mampu mengindera bakal terjadinya gempa bumi, dll.

Manusia juga memiliki indera keenam, namun sayangnya indera ini tidak dikembangkan oleh semua orang. Dengan indera keenam ini, manusia mampu melakukan intuisi dan antisipasi.

Kategori: Berita, Misteri Label: , ,

keberadaan alien luar angkasa alien keberadaan alien di bumi penelitian UFO alien di bumi penelitian tentang UFO ufo di bumi keanehan luar angkasa Penelitian tentang alien penelitian alien angkasa penampakan alien bukti keberadaan alien dimensi lain ruang angkasa alien dan ufo keberadaan alien dan ufo keanehan MESIN WAKTU

Baca Juga

Share This Post

Get Updates

41 Komentar di "Penelitian tentang keberadaan Alien dan Ufo di Bumi"

  1. Danar says:

    Wahh…artikel yg menarik,menambah pengalaman dan pengetahuan kt,lenkap..dan pasti msh ada bhasan sambungannya kan? D tunggu

  2. Upik Famela Object (UFO) says:

    sejak usia 15th Qknal UFO.Q sangat suka & sayang dengan UFO planet+pesawat+makhluknya.hingga impian q ingin bertemu sebelum Q Die.Bilamana ada kabar terbaru nya teman2 kabari Q.Q mau bergabung dengan para pecinta UFO.

  3. sigit says:

    Wah-wah…penjelasan yg luar biasa..ilmiah, logis n realistis.. apa lagi skrg mulai muncul corp cyrcle rekayasa…

  4. Gita says:

    Jd sebenarnya blm ada yg bs mbuktikan kalau ufo atau alien it ada. Hmm..jd pnasaran drmna dan dmn mrk tggl.

  5. Ridwansyah Purnomo says:

    UFO itu Buatan Dajjal, manusia yang di laknat Allah SWT maka dia berusaha agar manusia mempercayai dia sebagai tuhan,. Dajjal membuat UFO untuk kepentingan dia sendiri dalam hal menyesatkan Umat manusia di muka bumi ini,, seperti diketahui bahwa dajjal adalah manusia yang diciptakan Allah SWT Untuk meneyesatkan manusia. untuk itu Allah SWT memberikan dia kelebihan ilmu diantara manusia yang lain… Hanya ALLAH SWT yang Tahu segalanya,.. Wallahua’lam,…

  6. faisal says:

    ufo adalah generasi dimana manusia mengalami bencana besar di zaman purbakala yang menyebabkan permukaan bumi tidak dapat ditinggali,sehingga mereka membuat rumah kubah kaca di daratan atau dasar lautan/danau.Dalam beberapa generasi mereka orang2 terpilih dapat melanjutkan kehidupannya…hingga bencana besar datang yang membuat mereka berpikir untuk membangun komunitas di luar angkasa/planet terdekat dibantu dengan adanya tehnologi pemurnian udara dan energi fusi nuklir/ pemisahan molekul air (yang telah menghancurkan benua Atlantis), hingga timbul pesawat 2 ufo dengan energi nuklirnya hingga kota terapung di angkasa….

    • qwe says:

      hmm klo alien itu manusia dari zaman dahlu.lalu kenapa manusia yg seperti kita yg sudah modern di bandingkan dengan manusia zaman dlu masih blm bisa melampaui teknologi mereka??

  7. syafs says:

    sangking canggihnya aliens dia bisa membuat teknologi canggih, yg tidak bisa dibuat oleh manusia..

  8. Mach says:

    Hm, Alien memang tidak bisa di pikir oleh orang biasa. Ada yg percaya dan ada yg tidak percaya, itulah hal pertama dari manusia. Apabila kita mempercayainya kita akan lebih dekat denganya, bukan bertemu secara langsung. Mungkin lama kelamaan bisa bertemu secara langsung di masa yang akan datang.

  9. partawijaya says:

    ok. berbicara tentang ufo dan alien, saya sangat tertarik. ditambah setelah membaca artikel ini. sudah hampir sekitar 9 atu 10 tahun saya mencari info ufo dan alien. berawal sejak kemunculan jhon titor (manusia masa depan). sebagian orang mengatakan dia gila atau tidak memiliki tuhan karena bisa menembus waktu, tapi dia berkata ” kita dalam dunia yang sama tapi dalam dimensi yang berbeda ” itu yang akhirnya mementahkan tudingan orang. dia tidak menembus waktu tapi masuk ke dimensi lain. orang tua dia meninggal terkena angin topan tornado, saat dia datang kemasa itu dia selamatkan ibunya. tapi menurut dia, ibunya ditempatnya dia tetap meninggal terkena bencana itu” jadi yang bisa kita simpulkan ( walaupun dia merubah masa lalu tidak akan merubah masa depan dari kehidupan dia, karena berbeda dimensi ). dari cerita dia, di tempatnya sudah tidak seindah dulu, bumi sudah mulai hancur. hampir seluruh tanah dibumi terkena radiasi nuklir. peperangan disana-sini, bahkan untuk makan pun sulit. tidak seperti kita, mau makan tinggal ammm (banyak makanan siap saji), tapi dia mau makan harus menanam dulu dengan tanah yang bersih. dan satu lagi sebelum lanjut pada ufo, berbicara tentang menembus waktu atau dimensi lain, saya percaya. einstein berkata ” ketika suatu benda bergerak melebihi kecepatan cahaya, maka akan dapat menembus kedunia atau dimensi lain”. dan satu lagi yang membuat saya percaya, bahwa adanya black hole atau lubang hitam yang memiliki daya hisap yang sangat kuat dan dapat membawa kita ke dimensi lain” dan itu sudah di temukan oleh para peneliti.
    berbicara masalah ufo dan alien. menurut saya mereka dari bumi.saya coba jelaskan hasil pencarian saya.
    UFO adalah piring terbang. di jaman kejayaan atlantis, walau pun sebagian orang itu dianggap mitos yang dibuat oleh plato dalam bukunya Timaeus dan Critias. tapi ada beberapa fakta yang mengarah bahwa atlantis itu pernah ada. pada zaman atlantis sudah dapat dikatakan abad tercanggih, selain mereka menggunakan alamiah juga menggunakan ilmiah. kita berbicara masalah ilmiahnya. di negara atlantis, telephone sudah ada, lampu, listrik, kendaraan bermotor, landasan pesawat dan bahkan konon ceritanya dari beberapa peneliti berbentuk ufo yang sering kita lihat saat ini. kalau difikirkan secara seksama kenapa seperti, graham bell, thomas alfha edison dan sebagainya disebut penemu kenapa bukan pencipta ? karena menurut saya semua alat itu sudah diciptakan dan ditemukan kembali oleh para beliau-beliau ini, coba direnungkan.
    ALIEN adalah mahluk yang tidak sama dengan kita dengan bentuk yang berbeda. berbicara tentang masa depan, lorong waktu, dan ufo, berkaitan erat dengan alien. menurut saya alien itu adalah manusia dari masa depan yang berevolusi karena keadaan atau cuaca dizamannya.
    menurut info dari jhon titor, tanah disana sudah tidak bagus lagi karena terkena radiasi saat perang nuklir, pemanasan global pun menjadi momok permasalahan yang pelik. untuk makan diaharus berfikir keras, akhirnya manusia berevolusi, karena dia berfikir lebih keras akhirnya otaknya membesar, dan kulitnya atau tubuhnya terkena radiasi sehingga ada penyesuaian dengan iklim atau cuaca. lalu kemudian kendaraan nya, yaitu piring terbang yang notabene nya milik negara atlantis. jadi tidak ada yang tak mungkin kalau alien dan ufo itu sebetulnya mahluk bumi atau manusia yang berevolusi.
    faktanya beberapa peneliti dan sebagian pengakuan masyarakat, ufo sering kali membentuk corp sircle diladang gandum dan terakhir di pesawahan, dan menculik orang kemudian setelah itu berbicara tentang bahaya nuklir, seolah menggurui. tapi coba kita renungkan kembali semua kejadian itu yang memang kebenarannya belum terbukti. menurut hemat saya, alien mampir ke ladang gandum dan pesawahan hanya untuk meneliti agar dapat di tanam di zamannya, sedang penculikan adalah untuk mempelacari struktur tubuh atau anatomi tubuh pada manusia, untuk kemudian memberitahukan akan bahaya nuklir dan radiasinya.
    akhirnya saya mengambil kesimpulan ” mereka itu adalah manusia dari masa depan yang membawa pesan untuk kita ” …………… coba kita renungkan sama-sama.

  10. z1s says:

    cukup jauh batasan Qt untuk mengetahui tentang keberadaanya,entah alien maupun UFO
    krn Qt yg saat ini hanya disibukkn oleh kepentingan pribadi atau kelompok
    saling menyikut satu dgn yg lain,peperang dan perang saudara yg semakin tak terkendali
    namun tdk ada salahnya bila Qt ingin mempelajari dan memahaminya
    untuk suatu tujuan yg baik bkn kepentingan pribadi atau kelompok
    untuk z1s sendiri bila percaya adanya TUHAN maka percayalah dgn hal yg ghaib/zat yg tak terlihat

  11. nova says:

    penasaran dengan kbenarant alien dd muka bumi >…
    penjlasan di attas cukupp mengobbti rasa pnasaran qqu …

  12. Yoyo bms says:

    “menurut saya, mereka tidak lebih canggih dari kita, namun mereka menemukan benda2 yang mempunyai kekuatan seperti magnet, anti grafitasi, maupun dimensi waktu, dan mereka menggabungkan beberapa bahan2 tersebut. Buktinya mereka tidak lebih canggih dari kita, yaitu mereka belum menemukan alat2 pribadi seperti HP, Laptop, bahkan Pakaian. Jadi Alien memiliki teknologi Alamiah dari asal mereka” komentar Yoyo ☻

  13. eko prasetyo says:

    kalo ALIEN/UFO itu ada pastinya dia teknologi lebih canggih gan…
    hukum fisikanya pasti lebih maju, ga sama dengan hukum fisika kita(manusia).
    tapi kebanyakan para ilmuwan amerika bilang “ALIEN” ini datang kebumi melewati pintu gerbang matahari (sebagai lubang hitam), jadi dengan cara ini UFO ini melanggar hukum alam semesta sob.

    jdi wajar klo kita ga percaya kalo UFO itu ada karna dia sangat “JAUH” lebih canggih teknologinya dari pada teknologi kita.

  14. Ady says:

    Alien dr planet lain = bisa saja ada, tapi…..
    Alien dg UFO-nya, memiliki teknologi canggih dg kec. melebihi kec. cahaya menempuh jarak juta-an tahun cahaya dari planet lain hanya sekedar menampakkan dirinya dibumi, sepertinya tidak masuk diakal.

    Lebih masuk akal kalo mereka dari dimensi lain (alam jin), mereka sengaja menampakkan diri untuk menyesatkan manusia.

    Ingat isra mi’raj nabi muhammad saw.

    Mana yg kalian lebih percaya???
    Gunakan logika kalian!!!!

  15. Agustin says:

    Sy sependapat dng semua yg dibicarakan..
    Namun msh tetap mejadi hal yg mistery..

Tulis Komentar

Kirim Komentar

© 2014 Netrix blog's. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Di desain oleh Ryan Adhi Nugroho.